Fitur Blackbery 10 mengalami perkembangan

Black bery 10 Kini akan lebih berusaha terdepan dan berusaha untuk langkah lebih maju dari sebelumnya, memberikan fitur yang cukup menggoda pembeli dan mampu menyaingi iPhone, Android, dan Windows Phone. Seperti yang dikatakan Ibnu Maksum, pengembang aplikasi sekaligus aktivis BlackBerry, menilai OS yang baru saja dirilis Research in Motion bisa segera menandingi Android dan iOS milik Apple.
Dalam perhelatan BlackBerry World di Orlando, Amerika Serikat, Selasa (1/5/2012).
Di acara tersebut, RIM mendemonstrasikan beberapa fitur baru di BB10. CEO RIM Thorsten Heins lebih menekankan penggunaan sistem operasi itu dalam hal aplikasi dan multitasking. Beberapa fitur yang akan menjadi andalan antara lain :
  1. Berpindah aplikasi lebih halus
  2. Kamera yang fokurs
  3. Keyboard virtual
Selain ketiga fitur diatas, blackbery 10 juga menambakan gameloft dengan jumlah 11 game terpopuler, Beberapa pengembang aplikasi ataupun game berlomba-lomba menyambut kehadiran BlackBerry 10. Setelah Gameloft yang telah menyiapkan 11 Game unggulan untuk BlackBerry 10. Kini giliran Wikitude yang mengumumkan akan segera membawa augmented reality populer mereka ke platform BlackBerry 10.
Berikut ini video demonstrasi 3 fitur menarik dari BlackBerry 10.


Referal Info :
Tiga Fitur Andalan OS BlackBerry 10 
KOMPAS.com - Research In Motion (RIM) dengan bangga memamerkan sistem operasi mobile terbaru mereka, BlackBerry 10 (BB10), dalam perhelatan BlackBerry World di Orlando, Amerika Serikat, Selasa (1/5/2012). Di acara tersebut, RIM mendemonstrasikan beberapa fitur baru di BB10. CEO RIM Thorsten Heins lebih menekankan penggunaan sistem operasi itu dalam hal aplikasi dan multitasking. Setidaknya, ada 3 hal yang menarik dari BB10, yang berbeda dengan sistem operasi sebelumnya. 1. Berpindah aplikasi dengan mulus bagai "arus"

Salah satu hal yang paling membedakan BB10 dengan sistem operasi BlackBerry sebelumnya, yaitu pengguna yang ingin beralih aplikasi tidak harus kembali terlebih dahulu ke tampilan layar utama. Pengguna dapat melihat dan memilih aplikasi yang berjalan di background dengan cara menarik menu dan window dari samping layar. Perpindahan antar aplikasi dengan "smooth", tanpa jeda. Seperti terlihat pada gambar di atas, Anda bisa membuka inbox, isi pesan, dan lampirannya (file PDF) dalam satu tumpukan yang tertata rapih. Semuanya dapat ditarik sesuai keinginan Anda. "Tidak ada yang memiliki waktu untuk keluar dari aplikasi setiap kali mereka ingin berganti aplikasi. Kami ingin menggunakan paradigma yang mudah dan cepat," kata Heins. 2. Software kamera "mesin waktu"

Jika Anda memotret seorang teman dengan senyum yang indah dan pencahayaan yang baik, namun kelopak matanya tertutup sehingga merusak estetika foto, apakah Anda akan menghapus foto tersebut? Dengan software kamera di BB10, Anda tak perlu menghapus foto tersebut karena Anda bisa mengembalikan waktu untuk memilih gambar terbaik ketika kelopak mata teman belum tertutup, bahkan ketika Anda belum menekan tombol rana. Ya, software kamera ini memang seperti mesin waktu di mana Anda dapat mengembalikan momen. Besar kemungkinan, software kamera BB10 sudah merekam gambar beberapa saat sebelum tombol rana ditekan. 3. Keyboard virtual "pintar"

Saat keyboard virtual BB10 digunakan untuk mengetik, keyboard akan memprediksi kata berikutnya yang akan Anda ketik. Kata-kata prediksi yang disebut RIM sebagai word suggestions ini, akan muncul di atas tombol huruf awal kata tersebut. Jika Anda ingin menggunakan kata prediksi itu, maka tinggal menyentuh sambil menariknya ke atas. Jumlah kata prediksi yang muncul akan berbeda setiap waktunya, bisa 3 kata, 5 kata, atau bahkan lebih. Nampaknya, BB10 memang didesain untuk menandingi iPhone, Android dan Windows Phone yang didominasi oleh perangkat berlayar sentuh. Pihak RIM mengatakan, BB10 akan tersedia pada akhir tahun 2012. RIM telah memastikan bahwa tablet BlackBerry PlayBook akan mendapat BB10. Namun, RIM belum mengumumkan smartphone BlackBerry tipe apa saja yang mendukung dan bisa di-upgrade ke BlackBerry 10.
 
 
Wikitude Siap Hadirkan Fitur Augmented Reality Di BlackBerry 10

Beberapa pengembang aplikasi ataupun game berlomba-lomba menyambut kehadiran BlackBerry 10. Setelah Gameloft yang telah menyiapkan 11 Game unggulan untuk BlackBerry 10. Kini giliran Wikitude yang mengumumkan akan segera membawa augmented reality populer mereka ke platform BlackBerry 10. Wikitude untuk BlackBerry 10 akan memberikan konsumen dan pengembang berbagai interaktivitas termasuk dukungan multimedia dan animasi untuk para klien.
Pihak RIM tentunya sangat bangga dengan akan hadirnya fitur augmented reality besutan Wikitude di Platform mereka. Jika bisa direalisasikan, maka Wikitude akan menjadi aplikasi pertama yang membawa augmented reality ke BlackBerry 10.
CEO Wikitude, Martin Herdina juga menyatakan rasa senangnya bisa menghadirkan sesuatu yang dianggapnya sangat fantastis di BlacBerry 10. “Kami sangat gembira dengan kemungkinan yang diberikan kepada kami untuk menghadirkan Augmented Reality yang lebih interaktif di BlackBerry 10” ungkapnya.
detikInet : Developer: BlackBerry 10 Bisa Saingi Android-iPhone - Developer: BlackBerry 10 Bisa Saingi Android-iPhone
Orlando, AS - Bukan lantaran diberi BlackBerry gratisan jika para developer kemudian menyanjung platform terbaru BlackBerry 10. Ibnu Maksum, pengembang aplikasi sekaligus aktivis BlackBerry, menilai OS yang baru saja dirilis Research in Motion bisa segera menandingi Android dan iOS milik Apple.
"Sangat bisa (menandingi iPhone, Android, dan Windows Phone). Beneran keren banget (BlackBerry 10). Cek saja videonya di YouTube. Saya sih menyebutnya sangat revolusioner," kata Ibnu kepada detikINET, Rabu (2/5/2012). Anggapan ini berbanding terbalik dengan prediksi analis yang menilai platform terbaru dari BlackBerry 10 belum akan mampu menyelamatkan RIM dari keterpurukan akibat pasarnya tergerus Android dari Samsung dan iOS yang ada di iPhone. "RIM bisa bangkit lagi, tinggal momentum launching-nya saja. Harus cepat karena sudah dipublikasikan secara luas. Playbook kan dulu begitu. Sudah publikasi, karena kelamaan, terus keduluan iPad 2, akhirnya jatuh," sesal Ibnu.
Pada perhelatan akbar BlackBerry World 2012, prototype smartphone layar sentuh BlackBerry 10 Dev Alpha mulai diperkenalkan. Meski masih dikembangkan, sejumlah fitur sudah digembar-gemborkan RIM akan menjadi andalan smartphone ini.
Dengan fitur full touch screen berukuran 4 inch, BlackBerry 10 Dev Alpha sepertinya memang dipersiapkan menandingi iPhone, Android dan Windows Phone.
Jika biasanya handset BlackBerry dikenal dengan Qwerty keyboardnya, namun kehadiran keypad fisik itu akan digantikan keyboard virtual yang ada di layar sentuh. Keyboard pada layar sentuh itu akan menggunakan algoritma yang disesuaikan untuk memudahkan aktivitas mengetik penggunanya.
Terdapat fitur word suggestion yang memprediksi kata yang akan diketik, sehingga mengetik menjadi lebih cepat dan pengguna tak perlu mengetik setiap kata secara utuh. Ketika pengguna mengetik, word suggestion akan muncul dan pengguna tinggal melakukan swipe untuk menambahkannya ke pesan yang sedang diketik. Kemudian, fitur menarik lainnya ada pada kamera BlackBerry 10 Dev Alpha. Yakni kemampuannya untuk menangkap momen yang terlewatkan sehingga momen yang ditangkap foto tampak sempurna. Fitur continuous autofocus itu memberikan kemampuan untuk seolah mengulang momen dan memperbaiki 'cacat' pada foto.
Misalnya, seperti diperlihatkan dalam demo ketika sebuah foto dua orang sekilas tampak sempurna. Namun setelah diamati seksama, foto terlihat kurang oke karena salah satu dalam foto tampak mengedip. Nah, fitur pada kamera memungkinkan pengguna men-scroll sejumlah frame maju atau mundur (forward-backward) untuk menemukan momen yang bagus. Di BlackBerry 10 ini, kata Ibnu, selain sejumlah fitur baru yang akan segera hadir, standar BlackBerry smartphone tetap akan ada, seperti email dan BlackBerry Messenger (BBM).
"Kalau kata symbian developer, ini lahan baru, karena menggunakan QT untuk development-nya. Dan kayanya bakal menarik developer Symbian. Ditambah Web Developer bisa menjadi App Developer di BB10 juga," pungkas Ibnu.
You may like these posts