Review EnGenius ECB-3500


Berjangkauan Luas dan Multi-SSID

Access point ringkas ini memiliki feature lengkap dengan kinerja yang cukup bisa diandalkan.

Produsen besar produk-produk jaringan, EnGenius, memiliki banyak varian produk yang ditujukan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, terutama untuk kebutuhan enterprise.

EnGenius ECB-3500 ini adalah salah satu varian access point yang diluncurkan EnGenius untuk segmen enterprise kelas menengah. EnGenius ECB-3500 ini menawarkan sejumlah feature yang cukup menarik dan bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan.

Dari sisi tampilan, access point EnGenius ECB-3500 ini memiliki bentuk fisik yang terbilang kecil. Dengan ukuran 12,5 x 10,8 x 3,1 cm dan bobot sekitar 350 gram, access point ini terbilang ringkas dan mudah diselipkan di pojok-pojok ruangan. EnGenius ECB-3500 dilengkapi dengan dua buah antena yang berukuran cukup besar. Kedua antena ini bisa dilepas dan diganti.

Access point EnGenius ECB-3500 ini memiliki spesifikasi yang cukup lumayan. Untuk koneksi nirkabelnya, EnGenius ECB-3500 memang tidak terlalu istimewa. Access point ini masih belum mendukung standar koneksi 802.11n, hanya mendukung sampai 802.11g saja. Access point ini memiliki satu kanal dan bekerja pada frekuensi 2,4 GHz. Secara teoritis, kecepatan maksimal yang dapat dicapai adalah 54 Mbps. Satu buah port RJ45 yang ada di belakangnya memiliki kecepatan maksimal 100 Mbps dan dapat berfungsi sebagai LAN atau WAN, tergantung modus yang sedang aktif. EnGenius ECB3500 sendiri memiliki tujuh modus penggunaan yakni: client bridge, access point, WDS AP, WDS bridge, client router, AP router, dan universal repeater. Kami menggunakan modus “access point” pada pengujian kami.

EnGenius ECB-3500 menyediakan sejumlah feature yang cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan enterprise skala kecil dan menengah. Dari sisi keamanan, access point ini mendukung seluruh jenis enkripsi yang ada saat ini, seperti WEP, WPA, WPA-PSK, WPA2, dan WPA2-PSK. Access point ini juga mendukung DHCP server dan DHCP client untuk memudahkan koneksi.

Access point ini memiliki feature multi-SSID hingga maksimal empat SSID. Access point ini juga bisa melakukan traffic shaping atau bandwidth control. Namun fungsi tersebut hanya bisa dilakukan secara global, bukan pada setiap SSID.

Untuk menguji kinerjanya, kami menguji EnGenius ECB-3500 ini dengan memasangkannya dengan sebuah wireless adapter yang telah mendukung 802.11n. Karena access point ini hanya memiliki dukungan sampai 802.11g, saat terhubung, wireless adapter kami menunjukkan kecepatan maksimal secara teoretis, yaitu 54 Mbps. EnGenius ECB-3500 ini memiliki daya jangkau yang terbilang luas.

Saat diuji, EnGenius ECB-3500 ini memberikan throughput yang tidak terlalu besar. Access point ini mencatat throughput rata-rata sebesar 14,622 Mbps. Namun response time-nya cukup baik dengan respon tercepat sekitar 3,2 detik, meskipun sempat melambat beberapa saat.

****

Untuk kebutuhan skala kecil dan menengah, access point EnGenius ECB-3500 ini cukup bisa diandalkan. Access point ini memang hanya mendukung hingga 802.11g, tapi feature yang dimilikinya cukup lengkap dan mudah digunakan.

Spesifikasi

Standar

802.11b, 802.11g

Konektor

1 x LAN/WAN (tergantung modus)

Kecepatan transfer data

Maksimal 54 Mbps

Feature

DHCP server DHCP client; Multi SSID; MAC address filtering; Automatic IP. Static IP. Enkripsi WEP, WPA, WPA2

Bobot

350 gram

Kelengkapan

Power adapter; Kabel RJ45; CD Manual & Buku Panduan

Garansi

1 tahun

Situs web

http://www.engenius.co.id

Kisaran harga

US$93

Globalindo Data Solusi, (021) 6220-3511



Panel Kontrol
Tampilan panel kontrol dari EnGenius ECB-3500.




Plus
: Ringkas, feature lengkap, mudah digunakan, daya jangkau luas

Minus : Tidak mendukung 802.11n, kinerja biasa saja.


www.infokomputer.com

You may like these posts